Cari Blog Ini

Kamis, 18 Juni 2015

BIOGRAFI SEORANG PENULIS ASAL KOTA KRETEK

Rikza Chamami, seorang laki-laki asal Kudus yang tak pernah lepas dari dunia tulis menulis. Menulis adalah salah satu bidang yang sangat digemari oleh beliau. Pada saat beliau masih duduk di bangku Sekolah Dasar, mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah mata pelajaran kesukaan, dan guru yang mengajar adalah guru favorit beliau. Guru Bahasa Indonesia beliau sering kali memberikan tugas untuk menulis apa saja yang ada di rumah, mulai berangkat sampai ke Sekolah, dan tugas tersebut dilaporkan dalam bentuk tulisan. Selain itu juga ada tugas-tugas lain, misalnya mengarang. Kalau ada tugas mengarang, beliaupun akan merasa sangat senang.
            Setelah lulus dari SD, beliau melanjutkan pendidikan di MTs Qudsiyah. Dunia tulis menulis merupakan salah satu hal yang selalu membuatnya tertarik. Pada saat Mts beliau sudah mulai menulis sedikit demi sedikit, seperti menulis puisi dan cerpen, yang selanjutnya beliau kirim ke majalah yang ada di MTs tersebut, majalah itu bernama El Qudsi. Dimuatnya puisi beliau di majalah tersebut membuat beliau menjadi termotivasi bahwa tulisannya dapat dimuat di majalah El Qudsi, dan itu merupakan karya pertama beliau yang ada di majalah. Berbeda lagi ketika beliau menginjak masa MA, semangat beliau semakin memuncak karena beliau telah bergabung dengan redaksi majalah El Qudsi.
Jurnalistik adalah hobi beliau, selain jurnalistik beliau juga mempunyai hobi-hobi yang lain, seperti Pramuka, PKS (Polisi Keamanan Sekolah, Saka Bhayangkara di Polres Kudus dan Kader Disiplin Nasional. Di majalah El Qudsi tersebut beliau semakin berkembang dan akhirnya ketika masih duduk di bangku kelas 1, beliau diutus untuk mengikuti Pelatihan Jurnalistik di MA Futhuhiyah Mranggen. Salah satu orang yang menjadi pemateri dalam pelatihan tersebut adalah Jabir Al Faruqi, yang sekarang adalah mantan ketua Anshor Jawa Tengah. Selain itu, beliau juga sering diminta untuk mewawancarai para tokoh, seperti Gus Dur, KH.Cholil Bisri, Khofifah Indra Parawangsa, Wakil Gubernur Jawa Tengah dan lain sebagainya.
Kemudian ketika beliau kelas 2, beliau mendapat amanah menjadi Pimpinan Redaksi. Tugas itu bukanlah tugas yang ringan, beliau harus mampu menghandle karya tulis dan majalah yang beliau pimpin dan itu terbawa sampai beliau duduk di bangku kuliah. Pada saat MA beliau sering mengikuti lomba Karya Tulis Ilmiah, selain itu juga pernah menjuarai beberapa perlombaan, seperti lomba Talkin, lomba Khitobah Bahasa Arab di STAIN Kudus dan sebagainya. Di samping menulis, hobi yang lainnya adalah Rebana, Pramuka serta kegiatan Bhayangkara dan lain-lain.
Ketika kuliah di IAIN Walisongo Semarang (sekarang UIN Walisongo), beliau ikut dalam organisasi-organisasi intra kampus, seperti LPM Edukasi dan SKM Amanat. Di LPM Edukasi pernah menjadi Pimpinan Redaksi dan di SKM Amanat menjadi Best Artikel. Dari situlah beliau semakin mengasah bakat menulis. Ketika semester dua, tulisan beliau sudah mulai di muat di Koran Suara Merdeka, kemudian juga pernah dimuat di Koran Wawasan, Radar Semarang dan koran-koran kampus seperti Koran Amanat, Skm Edukasi dan lain-lain. Berawal dari pengalaman itulah, menulis menjadi hobi yang sangat disenangi, selain itu juga meneliti dan lain sebagainya. Visi beliau adalah “ Lebih Baik Mati daripada Hidup Tidak Berkarya”. Sekarang beliau banyak menulis buku, aktif dalam penelitian serta rajin untuk mengikuti forum-forum ilmiah. Bagi beliau, jikalau sudah tidak ada, maka yang akan berbicara adalah tulisan.
Menulis atau berkarya dengan Karya Tulis Ilmiah adalah berbicara dengan pena. Dimanapun orang tidak pernah bertemu dengan beliau, tetapi ketika membaca tulisan beliau, maka dia akan tahu ternyata seperti ini. Pernah pengalaman ketika beliau menulis tentang persiapan Muktamar NU, ternyata tulisan beliau telah dipakai. Kini seorang Rikza Chamami telah menjadi seorang dosen di UIN Walisongo Semarang yang InsyaAllah akan selalu  istiqomah untuk menulis dan rajin untuk berkarya.




SEKIAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar